Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado

Rika Febriani
Ulasan : 4.9 ⭐ dari 1908
⌛ tergantung.
🗒️ 17 bahan
👩‍🍳 banyakan

Siapa yang suka sambel cumi pete/ cumi pete balado yang maknyus? Kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bantuan resep kami yang sangat simpel dan mudah diikuti. Marilah, coba resep pilihan Kisarasa berikut ini.

Hanya dengan 17 bahan, bunda sudah dapat membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Atau bunda dapat mencari bahan-bahannya terlebih dahulu di pasar tradisional, minimarket ataupun supermarket. 😘 😊

Tidak perlu beli di luar lagi karena bunda dapat membuatnya di rumah dan dipastikan hidangannya lebih sehat dan berkualitas.

Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado

Bahan-bahan

  • cumi stgh kilo aja cukup
  • petai yang banyak kalo suka, bisa di skip kalo gasuka
  • Bumbu Halus
  • Cabai keriting rada banyakan kalo pengen sambelnya banyak
  • Cabai rawit merah. tergantung selera pedes
  • Bawang Merah rada banyak biar enak bumbunya
  • Bawang Putih
  • Terasi bakar atau sangrai. ga wajib tapi sedep kalo make ini. dikit aja gausa kebanyakan
  • Bumbu Dapur
  • Lengkuas geprek
  • Daun Salam
  • Daun jeruk
  • Sereh. geprek bawahnya
  • Bumbu masak wajib
  • Garam
  • bumbu kaldu
  • micin dikiiit aja jgn kebanyakan
⚡ Sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkah pembuatan "Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado", sebaiknya Anda membaca tips kesehatan singkat yang menarik berikut ini :

Atau 👇 lihat langkah pembuatan

Jika semua bahan telah disiapkan kita lanjut untuk langkah pembuatannya.
Berikut 12 langkah mudah untuk membuat sambel cumi pete/ cumi pete balado :

Langkah pembuatan

  • Potong potong cumi yang udah bersih. peresin lemon atau jeruk nipis buar ga gitu bau amis.
  • Kupasin juga petenya. potong sesuai selera aja
  • Halusin bumbu bumbu halusnya. boleh bgt kalo mau ngulek. tapi aku si pake chopper ajaa biar ga pegel soale cabenya suka yg buanyaaaaak
  • Panasin minyak secukupnya. kalo mau buat sekali makan, gausa begitu banyak minyaknya tapi kalo buat disimpen dikulkas rada lama bisa kasi minyak rada banyakan yaa..
  • Pas minyak udah cukup panas, masukkin tuh bumbu halusnya. sambil diaduk yaa
  • Masukin laos geprek dan sereh geprek, sama masukkin daun jeruk. biar nambah wangi, daun jeruknya diremet remet dulu..
  • Masukkin petenya jangan lupa.. kalo aku petenya separo dimasukkin sekarang, sisanya nanti..

    Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado

  • Tumis lagi sampe petenya layu
  • Masukkin deh potongan cuminya. masak sampe mateng. gausa lama lama

    Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado

  • Tadaa, dah mateng deh. makan pake nasi panas enak bgtt

    Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete BaladoResep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado

  • Kalo tadi pake minyak banyak, bisa buat disimpen di jar sambel gitu. tunggu dingin dulu terus masukkin deh ke jar. simpen di kulkas. tiap mau makan gausa dipanasin, ambil aja pake sendok BERSIH dan KERING. terus timbun deh pake nasi panas. praktis kan.. oyaa, pastiin jar nya bersih dan kering yaa..

    Resep Sambel Cumi Pete/ Cumi Pete Balado

  • Selamat mencobaa

Semoga resep sambel cumi pete/ cumi pete balado ini bisa menjadi referensi dan inspirasi dalam memasak di rumah. Terima kasih sudah mengunjungi halaman kami, sampai jumpa di resep lainnya!

Bila situs ini bermanfaat, jangan lupa simpan halaman ini dan bagikan ke keluarga, teman-teman atau kerabat anda.

Resep lainnya…